Ibu Kapolri Tri Suswati Tanam Mangrove di Tanbu

    0
    6

    Ibu Kapolri Tri Suswati Tito Karnavian dan Ibu Wamen Luar Negeri Yasmin AM. Fachir menghadiri kegiatan penanaman pohon mangrove di Kab Tanbu. (FOTO : Ist) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Saudara, Senin (11/03/2019) Ibu Kapolri Tri Suswati Tito Karnavian dan Ibu Wamen Luar Negeri Yasmin AM. Fachir menghadiri kegiatan penanaman pohon mangrove di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Kegiatan tersebut terselenggara berkat inisiasi ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) dengan mengangkat tema “Penanaman Mangrove Untuk Pemulihan DAS dan Mitigasi Perubahan Iklim”, tidak hanya dikabupaten Tanbu, penanaman juga dilkukan serentak di 10 Probinsi di Indonesia.

    Ibu Tri Suswati Tito Karnavian saat membacakan sambutan tertulis Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, menyampaikan, gerakan tanam mangrove serentak, beranjak dari keprihatinan atas kondisi ekosistem mangrove di Indonesia dan memerlukan perhatian serta uluran tangan semua pihak, baik dari pemerintah, TNI-Polri, BUMN dan kaum perempuan. 

    Lebih lanjut disampaikan, dari data Internasional, Indonesia memiliki ekosistem mangrove lebih dari 23% total luas mangrove dunia dan ekosistem mangrove mempunyai peran sangat penting dalam upaya-upaya pengendalian perubahan iklim dan mitigasi bencana. Dan kondisi saat ini luas hutan mangrove kita yang rusak telah mencapai 1,81 juta hektar dari total 3,48 juta hektar di mana kerusakan mangrove tersebut berdampak pada hilangnya kemampuan menyerap 190 juta ton CO2 tiap tahunnya. “Kerusakan mangrove juga berdampak pada meningkatnya kerentanan terhadap abrasi serta bencana gelombang laut atau tsunami,” jelasnya. 

    Rangkaian kegiatan OASE KK di Kab. Tanbu meliputi, gerakan bersih-bersih pantai di Pantai Pagatan dan gerakan Aksi Tanam Mangrove di kawasan Pelabuhan ASDP kelurahan Batulicin, Kecamatan Batulicin, Kab Tanbu, dengan melibatkan personil dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, TNI-Polri dan ASN Tanbu, untuk menanam 3000 batang bibit mangrove.

    Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Sadariah dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada tim OASE KK atas terlaksananya kegiatan aksi tanam mangrove di Kab. Tanbu. 

    Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulin perempuan dalam meminimalisir abrasi, gelombang tinggi maupun bahaya tsunami. Mangrove akan bisa memberikan manfaat besar untuk lingkungan pantai serta masyarakat sekitar. Apabila telah tumbuh menjadi kawasan hutan, Mangrove tidak hanya akan berfungsi sebagai penahan abrasi pantai. Selain itu, Mangrove bisa menjadi lokasi baru untuk wisata bahkan sumber peningkatan gizi masyarakat. Di dalam kawasan Mangrove akan tumbuh berbagai biota laut, sekaligus pemberdayaan ekonomi masyarakat.*(BNews)