UPTD Dukpencapil Upaya Memperpendek Birokrasi

    0
    22

    Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor meresmikan Grand Lunching UPTD Dukpencapil Satui. (FOTO : Ist) 

    SATUI, BalarindangNews.com – Senin (11/03/2019) Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor meresmikan Grand Lunching UPTD Dukpencapil Satui. UPTD Dukpencapil Satui merupakan inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati H Sudian Noor yang didampingi Kadis Dukpencapil, Camat beserta unsur Muspika sebagai tanda dimulainya penggunaan gedung dan penyerahan secara simbolis dokumen kependudukan berupa KK, KTP dan Akta Kelahiran kepada perwakilan Masyarakat Satui.

    Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kecamatan Satui karena telah mampu memiliki UPTD Dukpencapil. Dengan adanya UPTD Dukpencapil, diharapkan pelayanan akan semkin mudah, masyarkat yang mulanya harus mengurus administrasi ke Disdukpencapil, kini cukup melalui UPTD Dukpencapil. “Sebagai yang pertama ada di Tanah Bumbu bahkan di Kalimantan Selatan, UPTD ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan. Dalam mengurus segala keperluan, masyarakat jangan menggunakan jasa perantara, karena semua pelayanan yang ada sifatnya gratis,” harapnya. 

    Sementara itu Kepala Dinas Dukpencapil, Kursani, mengatakan, Dinasnya mengutamakan pelayanan yang cepat, mudah dan gratis bagi masyarakat Tanah Bumbu. “Keberadaan Disdukpencapil adalah untuk membahagiakan masyarakat. UPTD ini juga sebagai upaya memperpendek birokrasi yaitu dengan memangkas jarak dan waktu yang diperlukan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan,” jelasnya. 

    Ia menambahkan, pelayanan UPTD akan terus dipantau secara rutin. Tingkat kecepatan penyelesaian dokumen harus tinggi untuk menghindari waktu masyarakat yang berharga.“Ini adalah terobosan yang dilakukan Disdukpencapil di Tanah Bumbu dengan menjadi UPTD pertama, bahkan di Kalimantan Selatam. Semuanya untuk mewujudkan Tanah Bumbu Hebat dan Tertib Administrasi Kependudukan,” papar Kursani.*(BNews)