Tanbu Fokus Perangi Stunting

    0
    2

    Koordinasi lintas sektor di Kabupaten Tanah Bumbu untuk memerangi stunting. (FOTO : Ist) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, S. Sos, MM membuka rapat koordinasi lintas sektoral dan lintas program dalam rangka menekan angka kematian bayi dan pecegahan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu. Rapat koordinasi digelar di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Tanah Bumbu, Kamis (14/03/2019) siang.

    Rapat koordinasi diikuti oleh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu,Komite Planner Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu  seluruh SKPD terkait, dan seluruh kepala puskesmas se Kabupaten Tanah Bumbu. Kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari kesepakatan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota untuk melaksanakan konvergensi pencegahan kecepatan kejadian stunting atau (KP2S) di masing-masing daerah. 

    Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, M. Sos., MM dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka upaya pencegahan stunting, pemerintah saat ini terus berupaya utnuk mencapai target penurunan prevensi stunting dalam RPJMN 2015 – 2019 setingi tinginya 28 % pada akhir tahun 2019. Upaya percepatan pencegahan stunting akan lebih efektif apabila intervensi gizi spesifikasi dan  intervensi gizi sensitive dilakukan secara  konvergen. Konvergensi merupakan sebuah penedekatan intervensi yang di lakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama pada target  sasaran wilayah geografis dan rumah tangga. Berdasarkan data Rikesdas tahun 2018 provinsi Kalimantan selatan masih di hadapkan pada tantangan berbagai permasalahn gizi diantaranya yaitu masih tingginya prevelensi balita stunting yaitu 3,2% dan 31,5% terjadi pada anak di bawah usia 2tahun yang merupakan bagian dari masa 1000 hari pertama kehidupan. 

    Melalui koordinasi lintas sektor ini diharapkan mampu mengoptimalisasikan peran seluruh perangkat daerah dalam upaya konvergensi penanganan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu. Hal tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan perumusan kebijakan yang komperhensip menuju Generasi Sehat dan Cerdas masyarakat Tanah Bumbu, sehingga akan mampu meningkatkan kinerja program penanggulangan kemiskinan, sehingga dapat menurunkan angka stunting.*(BNews)