Pertunjukan Tarian Masal Simbol Keberhasilan Tanah Bumbu

    0
    3

     

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Berbagai agenda dipersembahkan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk memeriahkan Hari Jadi ke 16 yang jatuh pada 8 April 2019 ini. Salah satunya gelar tari masal yang dilaksanakan hari ini tepat pada acara peringatan Hari Jadi ke 16 Kab Tanah Bumbu, Senin (8/4/2019) di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu, kawasan jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Kab Tanah Bumbu.

    Pertunjukan tarian masal dilakukan oleh sebanyak 80 orang pelajar dengan mengangkat tema “Nafas Laut Gerak Huma”. Ketua Sanggar Tari Citra Luhur Budaya Banua, HM Thaha, mengatakan pertunjukan tarian tradisional dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 16 ini terlaksana atas kerjasama Disdikbud dengan sanggar tari Citra Luhur Budaya Banua. “Pertunjukan ini juga sebagai bagian dari melestarikan kesenian daerah,” sebutnya. 

    Menurut H.M Thaha, tarian masal yang dimainkan menggambarkan keberhasilan Tanah Bumbu dalam berbagai aspek pembangunan dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan. Keberhasilan tersebut disimbolkan dengan sebuah kapal yang mengarungi lautan. Lalu kemudian kapal menjelma menjadi mesjid yang merupakan perwujudan dari masyarakat Tanah Bumbu yang relijius. 

    Penampilan puluhan pelajar tersebut mendapat tepuk tangan meriah dari penonton. Diantaranya adalah Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Resnawan. Dari pantauan di lapangan, tamu undangan tampak antusias melihat atraksi tarian masal tersebut.Tidak sedikit dari mereka mengabadikan tarian tersebut dengan kamera telpon seluler masing-masing.*(BNews)