Camat Himbau Mayarakat Buat Serifikasi Kapal Nelayan

    0
    3

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP menghimbau kepada seluruh masyarakat nelayan di kecamatan Sungai Lobam untuk membuat Sertifikasi Kapal Nelayan yang pengurusannya di gratiskan. “Kepada masyarakat nelayan untuk membuat sertifikasi Kapal Nelayan gratis sesuai dengan sosialisasi UPT Kementrian Perhubungan di Satui sehingga legalitas kapal nelayan jelas,” kata Camat, saat melakukan Safari Jum’at di masjid Pangeran Syarif Ali Dermaga, Desa Sebamban Baru, Kecamatan Sungai Loban, Jum’at (12/04/2019).

    Sertifikasi ini dilakukan terkait pemenuhan aspek kelaiklautan kapal dan keselamatan, khususnya bagi kapal penangkap ikan atau nelayan. Selain sertifikasi kapal, Kementerian Perhubungan juga melakukan sertifikasi terhadap para nelayan. Caranya dengan menerbitkan buku pelaut sebagai salah satu dokumen yang wajib dimiliki pelaut. 

    Pelaksanaan Gerai Pengukuran Ulang Kapal Ikan ini juga merupakan tindak lanjut penerapan dari UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan bahwa Penyelenggaraan keselamatan dan keamanan pelayaran serta Penyelenggaraan perlindungan lingkungan maritim dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini penerbitan Pas Kecil (kapal GT 7 kebawah) dikeluarkan oleh Ditjen Hubla atau Syahbandar ditempat kapal berada. 

    Cukup dengan membawa foto copy KTP dan surat keterangan tukang yang diketahui oleh Camat atau Lurah untuk menjamin kepastian kepemilikan kapal maka para nelayan dapat mengajukan proses penerbitan Pas Kecil secara Gratis. Selanjutnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerbitan Pas kecil, dapat diterbitkan oleh Syahbandar tempat kapal berada dalam waktu 5 hari kerja.*(BNews)