Lomba Mengarang dan Menulis Cerpen Meriahkan Rangkaian Hari Jadi Tanbu ke 16

0
31

FOTO : Ist 

PAGATAN, BalarindangNews.com – Dalam upaya menumbuhkembangkan budaya baca dan menulis, serta meningkatkan pemberdayaan fungsi perpustakaan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba bercerita dan mengarang cerpen. Lomba digelar selama dua hari mulai 19 – 20 April 2019 di Panggung Utama Mappanreritasi Pantai Pagatan, sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke 16 Kabupaten Tanah Bumbu dan Pesta Budaya Mappanre Ri Tasi Tahun 2019.

Kepala Dispersip Tanbu, Ambo Sakka, mengatakan lomba dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat dan budaya membaca untuk mendorong terwujudnya kegemaran membaca pada masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah. “Ada dua kategori lomba yang digelar yaitu lomba bercerita untuk pelajar SD/MI, dan lomba mengarang cerpen untuk SMP dan SMA sederajat,” katanya, Sabtu (20/04/2019). 

Sedikitnya 16 siswa-siswi dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat mengikuti kegiatan tersebut. Adapun hadiah yang diperebutkan yaitu sertifikat dan uang pembinaan, serta pemenang juara 1 lomba bercerita akan diikutkan mewakili Tanah Bumbu dalam lomba bercerita tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. 

Dari seluruh peserta lomba, berhasil meraih juara kategori lomba bercerita tingkat SD/MI yaitu, Juara 1 dari SDN 1 Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Juara 2 dan 3 dari MI Syarif Abbas Simpang Empat. Sedangkan pemenang lomba menulis cerpen, Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kusan Hilir, Juara 2 diraih SMAN 1 Kusan Hilir, dan Juara 3 diraih SMAN 1 Angsana.*(BNews)