Pemda Tanbu Sigap Atasi Bencana Banjir

    0
    2

    FOTO : Ist 

    SATUI, BalarindangNews.com – Menanggapi masalah bencana banjir di sejumlah wilayah Tanah Bumbu, Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor ingin ada penanganan bencana yang lebih komprehensif, yang dilakukan Pemkab Tanah Bumbu dan semua intansi terkait.“SKPD terkait harus sigap dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada para korban,” kata H. Sudian Noor, di lokasi banjir, Kecamatan Satui, Kab Tanah Bumbu.

    Bupati juga meminta kepada SKPD terkait agar memberi perhatian lebih kepada korban, terutama para lansia dan anak – anak. “Keseharian para korban harus diperhatikan, terlebih bagi para lansia dan anak-anak yang ada di tempat pengungsian,” tegas Bupati. 

    Bupati juga mengunjungi posko penanggulangan bencana, dapur umum serta tempat pengungsian korban banjir yang berada di SMPN 14 Satui. 

    Sementara itu Camat Satui Heri Kurbiansyah, tercatat sebanyak 1591 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 5 ( lima ) ribu jiwa yang menjadi pengungsi akibat banjir kali ini. “Pemerintah kecamatan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dalam melakukan penanganan banjir. Selain itu, kami turut serta menggalang bantuan dari perusahaan setempat untuk menangani kebutuhan para pengungsi,” jelasnya. 

    Untuk penanganan jangka menengah dan panjang, perlu melakukan beberapa langkah mitigasi bencana dengan melakukan telaah terhadap penganggaran infrastruktur seperti drainase. Selain itu perlu ditekankan pentingnya penanganan bencana secara komprehensif dengan mengidentifikasi persoalan atau penyebab utama agar dapat menjadi pembelajaran agar bencana banjir tidak selalu berulang.*(BNews)