Wabup Tanbu Pantau Evakuasi Korban Banjir

    0
    11

    FOTO : Ist 

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sepekan terakhir membuat Desa Suka Maju dan Desa Maju Makmur Kecamatan Batulicin terendam banjir. Sebagai wujud kepedulian pemerintah kabupaten Tanah Bumbu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo mengunjungi lokasi banjir, untuk ikut terjun langsung memantau evakuasi korban banjir, Senin (10/06/2019) siang.

    Dalam kunjungan ke lokasi terdampak banjir, Wabup memerintahkan jajarannya untuk melakukan evakuasi secara hati-hati terhadap warga yang rumahnya terendam banjir, utamanya anak-anak, orang tua jompo, dan ibu hamil. Evakuasi menggunakan perahu ketinting atau perahu mesin ini sangat dibutuhkan oleh warga untuk mengangkut orang dan barang. 

    Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo menyampaikan, hingga kini pihaknya masih terus berusaha menangani banjir. “Dari data yang diperoleh, sebanyak 200 KK di Desa Suka Maju terdampak banjir, sedangkan di Desa Maju Makmur sebanyak 225 KK/760 jiwa terdampak banjir,” katanya. 

    Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanbu, Abdul Rahim menyampaikan, saat ini Pemkab melalui BPBD dan Dinsos dibantu TNI, Polri, Pemerintah Kecamatan dan Desa mendirikan tenda dan dapur umum. “Sebanyak tiga tenda didirikan. Dua tenda untuk menampung pengungsi, satu tenda lagi untuk dapur umum,” katanya. 

    Selain mendirikan tenda, Pemkab juga menyerahkan bantuan makanan berupa beras, mie instan, air mineral, dan lainnya. Ada pula bantuan dari Dinsos Tanbu berupa perlengkapan dan makanan untuk bayi serta kasur untuk bayi yang diserahkan langsung oleh Wabup H Ready Kambo.*(BNews)