Tanbu Study Banding ke KUA Teladan Nasional 2018

0
30

FOTO : Ist 

BATULICIN, BalarindangNews.com – Kepala Kantor Kemenag (Ka.Kankemenag) Tanbu Drs. H. Abdul Basit, MM bersama Kabag Kesra Setda Tanbu melalui Kasubbag Pendidikan dan Keagaamaan pada bagian Kesra Setda Tanbu H Muhammad Zaki Yamani bersama rombongan melaksanakan kunjungan studi banding ke KUA Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kunjungan studi banding ini merupakan kunjungan pertama kalinya bagi Pemkab Tanah Bumbu, alasan yang paling utama kunjungan ke KUA Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor ini karena KUA Ciawi merupakan KUA Teladan Nasional untuk tahun 2018. Selain itu hal tersebut sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dalam mendukung program Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan wawasan keagamaan dan peningkatan pelayanan masyarakat di Tanah Bumbu. 

Kabag Kesra Setda Tanbu melalui Kasubbag Pendidikan dan Keagaamaan pada bagian Kesra Setda Tanbu H Muhammad Zaki Yamani yang turut serta pada kegiatan peningkatan wawasan keagamaan tersebut berharap sinirgisitas Pemkab dan Kemenag semakin optimal dalam melaksanakan pembinaan dan pelayanan keagamaan kepada umat di Bumi Bersujud. Selain itu, tujuan dari kunjungan studi banding ini merupakan ajang sharing pengalaman tentang perkembangan dan pola kerja yang diterapkan di KUA. Tentu saja kegiatan semacam ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih optimal di KUA Kecamatan kepada masyarakat. 

Kegiatan peningkatan wawasan keagamaan ini berlangsung mulai 31 Juli sampai 3 Agustus 2019. Selain peningkatan wawasan dan kompetensi Kepala KUA, Tim Kemenag Tanbu bersama Kasi Pemberdayaan KUA Kanwil Kemenag Kalsel, H. Yuliansyah serta Kasubbag Pendidikan dan Keagaamaan pada bagian Kesra Setda Tanbu H. Muhammad Zaki Yamani juga berkunjung ke Unit Percetakan Al-Qur’an (UPQ) dan Dirjend Bimas Islam Kemenag RI serta ke kantor pusat Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Sementara itu, Kepala KUA Ciawi, Didin Najmudin saat menerima kunjungan dari Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan prestasi KUA Teladan II Tingkat Nasional dapat diraih karena kesungguhan, ketulusan, dan kerja keras yang dilandasi kebersamaan semua pegawai yang berada di KUA Ciawi sebagai suatu team work yang kompak. Selain itu, program-program yang dijalankan juga senantiasa berusaha sedapat mungkin mengacu pada Standar Operasional Pelayanan yang telah dibuat. 

Sedangkan untuk memberikan kepuasan akan jasa layanan dalam rangka mencapai IKM (Indek Kepuasan Masyarakat) yang tinggi, tambah Didin, KUA Ciawi memiliki 5 (lima) strategi layanan publik yakni, kualitas jenis layanan; kualitas pelayanan yang dipersepsikan dalam lima dimensi ukuran yaitu: bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, keyakinan, dan kepedulian; faktor emosional; kepuasan harga/biaya layanan; dan kemudahan. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag (Ka.Kankemenag) Tanbu Drs. H. Abdul Basit, MM berharap semoga KUA yang ikut mewakili dalam kunjungan studi banding ini mampu menyerap seluruh informasi seputar pelayanan KUA Kecamatan Ciawi mulai dari Pengelolaan Administrasi, Program Simkah, Program Kemasjidan, Program Wakaf, Program Binsik, dan lainnya.Selain itu, pengalaman kunjungan ini kemudian bisa dijadikan bahan dan motivasi untuk peningkatan SDM maupun peningkatan pelayanan KUA kepada masyarakat di lingkungan kerjanya. “Kunjungan ini, tentunya bermanfaat bagi Kemenag Tanbu khususnya Kepala KUA yang dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya untuk menggali ilmu-ilmu dan kiat-kiat apa saja yang telah di terapkan KUA Ciawi yang pernah meraih KUA Teladan II Tingkat Nasional untuk dijadikan percontohan”, katanya.*(BNews)