Jelang Pilkades Serentak, Pemkab Tanbu Gelar Sosialisasi KPPS

0
40

Sosialisasi KPPS dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo, turut hadir pula  Kepala Dinas PMD Nahrul Fajeri, S. Pd beserta jajaran dan Camat Batulicin M. Yamani beserta jajarannya.(FOTO : Ist) 

BATULICIN, BalarindangNews.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanbu, menggelar Sosialisasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (02/09/2019) di Aula Kantor Kecamatan Batulicin, sebagai upaya untuk mensukseskan kegiatan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo, turut hadir pula  Kepala Dinas PMD Nahrul Fajeri, S. Pd beserta jajaran dan Camat Batulicin M. Yamani beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, H. Ready Kambo berpesan agar para peserta mampu mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh, supaya memperoleh penjelasan yang utuh dan komprehensif tentang penyelenggaraan Pilkades Serentak. “Karena KPPS memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara Kepala Desa di Tempat Pemungutan Suara (TPS), anggota KPPS perlu dibekali dengan pengetahuan peraturan perundang-undangan dan ketelitian dalam perolehan data hasil rekaitulasi pemungutan dan penghitungan suara,” papar Wabup. 

Sementara itu, Panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan peserta sosialisasi adalah seluruh anggota KPPS dari seluruh desa yang akam melaksanakan Pilkades Serentak pada tahun 2019 ini. Adapun sosialisasi ini akan dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 9 September 2019 di lima lokasi kegiatan. 

Untuk yang pertama, yang dilaksanakan di Kecamatan Batulicin dengan menghadirkan KPPS dari 6 Desa di Kecamatan Simpang Empat dan Batulicin sendiri. Dengan jumlah peserta 96 orang. Yaitu 5 orang anggota KPPS per desa yang melaksanakan Pilkades, serta menghadirkan 2 orang Panitia Pemilihan per desa dan 2 orang Panitia Pengawas Pemilihan per Kecamatan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan  di seluruh desa dari 10 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu kepada masyarakat dan pada khususnya untuk wilayah-wilayah kecamatan dan desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak.*(BNews)