Tahun Baru Hijriyah, Momentum Musahabah Diri

0
41

Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo mengajak seluruh ASN untuk musahabah diri dan merubah diri untuk mendapat rahmat serta keridhoan Allah SWT. (FOTO : Ist) 

BATULICIN, BalarindangNews.com–Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar doa bersama khataman Alquran di Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi, Kab Tanah Bumbu, Senin (02/09/2019). Acara tersebut digelar untuk memperingati dan memaknai datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati H Ready Kambo, Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, Staf Ahli, Asisten dan para pejabat SKPD lainnya. Juga nampak hadir Ketua TP PKK Hj Sadariah, perwakilan Forkopimda dan instansi vertikal lainnya.

Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo mewakili pemerintah daerah mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.“Esensi Tahun Baru Islam atau Hijriah adalah ketika kita mampu memaknai Hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari,” kata Ready Kambo. 

Pembacaan Al Quran dilakukan secara “Muqaddam” dengan pembagian beberapa juz untuk tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sampai dengan khatam. Selain pembacaan Al Quran, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan manakib Syech Muhammad Samman Al Madani oleh Habib M Rifai As Segaf dari Satui, kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan doa. 

Terlihat para ASN dengan khusyuk membaca Al Quran bersama.(FOTO : Ist) 

Dalam kesempatan tersebut, Ready Kambo juga tak lupa mengajak seluruh yang berhadir, untuk memaknai Tahun Baru Islam dengan bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhoan Allah SWT. Sebagai seorang Muslim dan hamba Allah harus melakukan muhasabah tahun-tahun yang sudah dilewati, sehingga di tahun mendatang bisa direncanakan apa yang akan diperbuat dengan baik.*(BNews)