Peringati 1 Suro, Warga Desa Sumber Sari Gelar Bersih Desa

0
26

FOTO : Ist 

SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Berbagai cara masyarakat Tanah Bumbu dalam memperingati 1 Muharam atau Tahun batu Hijriyah 1441 Hijriyah. Mulai dari kegiatan ritual adat, hingga bersih desa dilakukan masyarakat di penjuru kabupaten paling ujung tenggara pulau kalimantan. Salah satunya Upacara Suran (Bulan Suro, istilah Jawa), rutin diperingati oleh warga masyarakat serta pemerintah Desa Sumber Sari Sebamban 3 Blok A Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu dengan menggelar Prosesi “Bersih Desa”.

Upacara dimaksud adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas limpahan rejeki sekaligus dalam konteks “Pembersihan” secara lahiriah (luar) dan batiniah (dalam) warga masyarakat setempat. 

FOTO : Ist 

Camat Sungai Loban, Rusdiansyah, S. H. yang hadir dalam kegiatan tersebutvmenyampaikan, tradisi ini memang tidak diwajibkan bagi warga Desa Sumber Sari. Kegiatan ini merupakan keikhlasan dan kesadaran warga sendiri untuk melakukan acara ruwatan dan bari’an. “Acara ini selain kirab budaya pada siang hari. Kami hanya menghormati leluhur, bukan punya niatan yang lain,” kata Rusdiansyah. 

Sementara itu Kades Sumber Sari, menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat Sumber Sari yang menyambut acara bersih desa dengan sangat antusias. Kades berharap tradisi ini tetap dilestarikan karena merupakan peninggalan leluhur yang harus dijaga agar tidak sampai hilang keberadaannya.*(BNews)