Turunkan Prevelensi Kekerasan Terhadap Anak Melalui Sosialisasi PATBM

0
46

FOTO : Ist 

BATULICIN, BalarindangNews.comSaudara, Senin (21/10/2019), Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Kegiatan di gelar Gedung PKK Kecamatan Simpang Empat dengan menghadirkan Narasumber Abdussyahid Hamid dari Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala DKBP3A Narni, SKM, M. Kes yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, selama ini perlindungan anak yang dilakukan Pemerintah lebih terfokus pada penanganan keluarga yang rentan atau sudah menjadi korban kekerasan. Pemerintah masih minim memberikan perhatian terhadap upaya penguatan keterampilan orang dan keterampilan hidup anak secara menyeluruh.Sehingga perlu adanya regulasi untuk penguatan tata kelola dalam rangka mewujudkan perlindungan anak terpadu. “PATBM berupa gerakan yang harus ada regulasi dan tata kelola pengorganisasiannya, khususnya di tingkat desa/kelurahan yang secara teknis di gerakan oleh orang-orang yang peduli dan secara sukarela bersepakat menjadi kader/aktivis dan tim kerja PATBM,” jelas Narni. 

Dalam penyelenggaraan perlindungan anak tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus memperhatikan kewajiban dan tanggung jawab masyarakat untuk berperan dalam perlindungan anak, seperti yang diatur dalam pasal 2 dan 72 undang-undang tersebut. Oleh karena itu, strategi pemerintah dalam memberdayakan masyarakat yang meningkatkan kemitraan pemerintah dan masyarakat, sangat strategis dalam perlindungan anak. Strategi tersebut diharapkan dapat mempercepat pencapaian target perlindungan anak yang ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJM) 2015-2019 untuk mencegah dan menurunkan prevelensi kekerasan terhadp anak. 

Lebih lanjut Narni menjelaskan, di Tanah Bumbu sendiri pada tahun 2018 sudah ada 3 PATBM yang terbentuk, walapun belum berjalan dengan maksimal, yaitu Desa Pulau Satu di Kecamatan Kusan Hilir, Desa Barokah di Kecamatan Simpang Empat dan Kelurahan Guring Tinggi di Kecamatan Batulicin.Narni berharap, semua Kecamatan dan Desa agar dapat membentuk PATBM setelah kegiatan ini.“Diharapkan PATBM tidak hanya ada 3 Desa saja, hal ini sebagai dukungan terhadap tercapainya Desa Layak Anak dan Kecamatan Layak Anak dan akhirnya Kabupaten Tanah Bumbu yang layak anak,” tutup Narni.*(BNews)