Bercermin ke Daerah Lain Untuk Bisa diterapkan di Lingkup Pemkab Tanbu

    0
    5

    FOTO : Ist 

    BANYUWANGI,BalarindangNews.com-Wakil Bupati Tanah Bumbu Bupati H. Ready Kambodidampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H. Rooswandi Salem.S.Sos.MM, dan ikut serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Tanbu, serta turut berhadir pula Wakil Ketua DPRD Tanbu HM Alfiya Rakhman laksanakan Study Komparasi ke Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Jum’at (06/12) kemarin, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) serta Pengembangan Pariwisata dan Teknologi.

    Sejumlah rombongan dari Tanbu berkunjung ke Banyuwangi tuk menambah ilmu dan membuka wawasan untuk dijadikan pelajaran dalam mengembangkan daerah supaya lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah daerah lain yang ada di Indonesia. Rombongan Tanbu ini disambut oleh Wakil Bupati Banyuwangi H. Yusuf Widiatmoko di ruang Aula Rempeg Jogopati, Kantor Bupati Banyuwangi. 

    Pemerintah daerah kab Tanbu mengetahui kalau kab Banyuwangi terkait penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN dan RB dengan predikat A selama tiga tahun berturut-turut, target nilai SAKIP A. Dan itulah yang hendak dipelajari ilmunya hingga dicapai kab Tanbu pada tahun 2020 mendatang. “target nilai SAKIP A itulah yang hendak kami capai pada tahun 2020 mendatang”, tukas Sekda. 

    Sebagai gambaran dan wawasan, Banyuwangi kembali mendapat SAKIP A. Tentu ini bukan nilainya yang penting, tapi spirit perbaikan layanannya, karena SAKIP itu evaluasinya ketat dengan berbagai indikator. Dalam beberapa tahun ini Banyuwangi telah menjalin kolaborasi antarorganisasi perangkat daerah, ego sektoral dienyahkan. Yang ada adalah ego daerah, yaitu bagaimana membuat Banyuwangi tambah maju. Jika itu yang ingin dicapai kabupaten Tanah Bumbu, patut dipertanyakan selama ini kemana saja, smoga hasil stadynya bisa dijalankan di Tanbu. 

    Dalam Study Komparasi ini Sekda Rooswandi Salem meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanbu agar bisa langsung melakukan koordinasi dengan masing-masing SKPD terkait sejumlah hal penting yang nantinya relevan dan bisa diterapkan di lingkup Pemkab Tanbu. *(BNews)