Ratusan Personel Gabungan Ikuti Apel Siaga Bencana

0
4

FOTO : Ist 

KUSAN HILIR,  BalarindangNews.com -Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs.  H. M. Thaha mengajak semua pihak untuk terus waspada dan siap siaga menghadapi bencana yang dapat terjadi kapan saja.“Kewaspadaan dan kesiapsiagaan menjadi sangat penting, sebab letak geografis dan kondisi geologinya, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki tingkat kerawanan bencana alam,” katanya di sela kegiatan apel siaga bencana, gelar peralatan dan simulasi di Pantai Pagatan, Rabu (15/01/2020).

Apel siaga bencana, gelar peralatan dan simulasi yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diikuti oleh ratusan personel gabungan TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Tagana, Polhut, Perusahaan, Ormas dan para Relawan serta BPBD.

FOTO : Ist

Dengan belajar dari kejadian yang telah lewat, semua pihak dapat mengevaluasi dan memantapkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan seluruh perangkat yang ada.“Posko-posko dan personil bencana yang ada di tipa kecamatan kita yakinkan selalu siap beroperasi, sehingga ketika terjadi bencana, dapat bekerja secara cepat, tepat, efisien dan efektif,” tambah Thaha.

Taha juga berharap,  semua pihak dapat memperkuat komitmen dan memantapkan hati guna menegakkan integritas penyelenggaraan tugas pemerintahan. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam maka anggota sudah ada standar atau upaya penyelamatan korban secepat dan seefektif mungkin. 

Setelah apel selesai, para peserta kemudian melakukan simulasi penanganan bencana di tepi Pantai Pagatan dengan menggunakan 3 perahu karet. *(BNews)