Wujudkan Tata Kelola Satu Data

0
17

FOTO : Ist 

BATULICIN, BalarindangNews.com– Sebagai upaya untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir terpadu dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi Satu Data yang digelar di Aula Bersujud,  kawasan jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Kabupaten Tanah Bumbu,  Senin (03/02/2020) pagi.

Dalam rapat koordinasi tersebut, tampak dihadiri Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah. S. Sos., Kepala BPS Tanbu Akhmad Muzzakir dan Kepala Bappeda Tanbu Drs. H. M. Damrah, S.  Sos,  M. Si. 

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H. Muhammad Thaha yang membuka langsung rakor tersebut menyampaikan, data dianggap penting, dimana data memegang peranan dalam keberhasilan atas usaha usaha pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakatnya. “Untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas, diperlukan penyusunan perencanaan yang mengharuskan data terintegrasi sektoral, valid dan terbaru,” kata Thaha. 

Thaha juga menjelaskan, tanpa data akurat maka perencanaan yang disusun tidak tepat sasaran, salah prioritas dan salah kebijakan hingga rentan pemborosan anggaran.“Untuk itu kami sangat berharap kedepannya hanya ada satu portal data dan kami juga berharap komitmen kita semua, untuk sama sama mewujudkan satu data Tanah Bumbu dibawah koordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika,” tambahnya. 

Adapun tujuan Satu Data Indonesia (SDI) antara lain Memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi Instansi Pusat dan instansi Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola Data, Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah, kemudian Mendorong keterbukaan dan transparansi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada Data, serta Mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan. Selain itu, data merupakan salahsatu bahan evaluasi, pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah, serta bahan penentu dalam perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah.*(BNews)