Melalui Lomba Desa Masyarakat Ikut Aktif Membersihkan Lingkungan Desa

0
4

FOTO : Ist 

KURANJI.BalarindangNews.com-DinasPemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, selasa (10/03) kemarin melakukan penilaian lomba Desa Tingkat Kabupaten di Desa Ringkit sebagai tempat penelian lomba desa. Desa Ringkit Kecamatan Kuranji sebagai tempat penilaian lomba desa Tingkat Kabupaten.

Masyarakat Desa Ringkit menyambut antusias lomba Desa Tingkat Kabupaten tersebut. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh masyarakat dibawah pimpinan Kepala Desa Ringkit, Ahmad Jaedi dan dibawah binaan Camat Kuranji, Samsir, SE. M. AP bersama jajarannya dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan bersama para anggotanya.

Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, Ayatullah Chotim, SE selaku Ketua Tim Penilaian Lomba Desa mengatakan, setiap tahun Pemerintah menggelar lomba desa dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong Pembangunan dan Pengembangan desa sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa. 

Program lomba Desa yang dilakukan pemerintah kabupatenTanbu diharapkan dapat mendorong desa desa di wilayah kabupaten Tanbu berkembang dan berinovasi, meski dalam inovasinya tidak canggih, yang penting bermanfaat dan dapat dirasakan masyarakat. Kegiatan lomba desa merupakan sebuah dorongan pemkab Tanbu untuk meningkatkan inovasi desa dalam mengefektifkan dana desa agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, melalui pembangunan infrastruktur pembangunan ekonomi lokal, dan peningkatan SDM. 

Camat Kuranji, Samsir, SE. M. AP menyampaikan bahwa, “ditetapkannya Desa Ringkit sebagai perwakilan dalam penilaian lomba desa Tingkat Kabupaten adalah setelah melalui tahapan dan proses penilaian Lomba Desa Tingkat Kecamatan Kuranji yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015.” Ucap Samsir. 

Lomba desa ini merupakan upaya menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berdasarkan keswadayaan sebagai system nilai sosial yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat sebagaimana yang selalu digerakkan oleh Pemerintah Kecamatan Kuranji selama iniuntuk memacu kegiatan warga di desa-desarogram ini cukup bagus, selain meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan,, “program lomba desa ini memberikan efek baik bagi masyarakat dalam menjaga lingkungannyadengan adanya lomba desa ini, masyarakat menjadi ikut aktif membersihkan lingkungan desa,” papar Camat. 

Semoga di tahun 2020 dalam ajang lomba desa ini, dapat menjadikan semua desa di kabupaten Tanbu menjadi lebih baik, dan semakin banyak berinovasi, sehingga menjadi desa maju dan mandiri.*(BNews)