Bersatu Padu Menyelamatkan Warga dari Wabah Virus Covid-19

0
38

FOTO : Ist 

KURANJI,BalarindangNews.com-Dalam situasi tanggap darurat yang selama ini merebak wabah virus Covid-19 diseluruh wilayah Indonesia, dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Desa bersatu padu dalam satu gerak langkah demi upaya menyelamatkan warganya. Kemis (02/0) kemarin Camat Kuranji, Samsir, SE. M.AP, sebagai perpanjangan tugas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dalam wilayah tugasnya di Kecamatan Kuranji, beliau merasa berkewajiban dan harus berada di tengah-tengah masyarakat dengan bentuk dukungan dan kerja nyata. melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga di Dusun 2 Desa Karang Intan bersama Tim Relawan Gugus Tugas Desa mencegah dan mengendalikan dalam menangani penyebaran virus COVID-19.

Selain penyemprotan, Camat Kuranji juga menghimbau kepada warganya dan mengajak bergotong royong bersama Kepala Dusun, Ketua RT menjaga warga pendatang masuk ke Desa kita dan melaporkan kepada Tim Gugus Tugas Kecamatan untuk di lakukan Screnning dan karantina selama 14 hari. 

“dihimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga, kemudian juga agar membiasakan prilaku Hidup Bersih dan Sehat, cuci tangan, hindari perkumpulan orang banyak, jaga jarak minal 1 Meter, jangan menyentuh muka, hidup, mulut dan telinga,” kata Samsir.Tidak lupa Tim juga menyampaikan kepada masyarakat, agar selalu patuh terhadap anjuran dan edaran yang sudah dikeluarkan, baik oleh pemerintah maupun dari instansi lainnya, seperti MUI dan kementerian agama. Antusias warga masyarakat sangat tinggi atas kehadiran tim untuk melakukan penyemprotan dirumah-rumah mereka. 

Camat Kuranji menegaskan kepada toko agama dan para pengurus rumah ibadah, untuk mematuhi edaran dari MUI tentang peniadaan sementara waktu sholat Jum’at dan shalat fardhu rawatib di masjid, hal ini terpaksa dilakukan semata-mata untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus COVID 19. 

“Musibah dan bencana ini, bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah semata, tetapi tanggungjawab kita semua sebagai warga masyarakat dan warga negara, regulasi dan penanganan adalah ranahnya pemerintah, tugas dan tanggungjawab jawab masyarakat adalah menjalankan edaran dan pemerintah, selama kita bisa saling mendukung dan bekerjasama, insyaallah kita akan selamat dari bencana ini,” tegas Camat Kuranji. *(BNews)