2 Desa Berhasil Dalam Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

0
6

FOTO : Ist 

KURANJI,BalarindangNews.com-Saudara dua Desa yakni Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal Kecamatan Kuranji dijadikan sebagai percontohan Desa Tangguh Lawan Covid-19 dalam rangka persiapan untuk menghadapi tatanan normal baru atau New Normal, dan bebera unsur muspika, dan kepala puskesmas serta lintas sektoral, selasa (09/06) kemarin telah disepakati untuk dua desa ini di jadikan seb agai percontohan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berkomitmen untuk membangun Desa Tangguh Bencana Lawan Covid-19 di Kabupaten Tanbu. Ini sebagai bentuk responsif terhadap program yang sudah ditetapkan, Pemerintah Kecamatan Kuranji selaku Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kecamatan, menggelar rapat terbatas persiapan dan pematangan pembentukan Desa Tangguh Covid-19.karena dua desa ini dianggap berhasil dengan baik dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19. 

Camat Kuranji Samsir, SE. M. AP, antosias dengan program tersebut, bahwa Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal dapat menjadi contoh dari pengelolaan Desa Tangguh yang responsive atas berbagai gejala, terutama dalam mengedukasi warga dari gaya hidup disiplin mematuhi protokol pemerintah, dan juga dalam pengawasan pergerakan orang keluar masuk desa. “konsep Desa Tangguh Lawan Covid-19 ini mencakup segala aspek ketahanan, baik tangguh di bidang kesehatan, sumber daya manusia (SDM), keamanan, informasi, budaya dan tangguh secara logistic,” kata Samsir. 

Selain itu desa yang tangguh karena warganya juga punya keinginan yang tangguh menghadapi Corona dengan mematuhi aturan pemerintah. Tidak ada desa tangguh kalau rakyatnya tidak patuh.Dalam menghadapi pandemi Covid-19 melibatkan semua komponen masyarakat, sehingga dengan gotong royong dapat mengatasi semua efek dan akibat dari adanya wabah virus corona Covid-19,*(BNews)