Dimasa Pandemi Covid-19, Sholat Berjamaah Dibatasi

0
18

FOTO : Ist 

KURANJI,BalarindangNews.com– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu , H. Setia Budi, SKM., MM., selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan COVID-19 bersama Tim, secara langsung melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan sholat jumat untuk yang pertama kalinya di Masjid Nurul Yaqin Desa Ringkit Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu – Jumat ,(05/06/) kemaren.

Selama masa Pandemi Covid-19 kegiatan ibadah dan kerja dilakukan dirumah. Namun, dengan memasuki masa menuju new normal, setelah melalui berbagai proses, analisa dan pengkajian, akhirnya Pemerintah memberikan kelonggaran untuk mengizinkan pelaksaaan ibadah sholat jumat bagi umat muslim dengan ketentuan dan penerapan protokoler kesehatan yang ketat, dan tidak semua desa ataupun masjid bisa diberikan rekomendasi untuk melaksanakan kegiatan ibadah sholat jumat berjamaah di masjid. ”hari ini ada beberapa masjid atau desa yang melaksanakan sholat jumat dengan penyesuian tingkat kesiapan jamaah, kaitan jamaah ketika di masjid dan kewajiban penyelenggara di masjid”, ujar Kadinkes. 

“Kehadiran kami dalam rangka melakukan evaluasi rekomendasi terhadap izin pelaksanaan sholat jumat, dimana keberlanjutan perpanjangan pemberian izin ini tergantung pada kesanggupan masyarakat untuk melaksanakan SOP atau Protokol Pencegahan Penularan Covid-19. Apabila masyarakat dan penyelenggara mampu melaksanakan sesuai aturan, maka izin bisa diberikan perpanjangan. Namun sebaliknya, apabila protokol Covid-19 tidak dijalankan, maka izin akan dicabut atau tidak diperpanjang,” tegas Budi.*(BNews)