E-Court Upayakan Percepatan Penanganan Perkara

0
7

Kantor Pengadilan Agama Batulicin, Kab Tanah Bumbu (FOTO : BNews) 

TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Pengadilan Agama (PA) Batulicin, Kab Tanah Bumbu terus berupaya memaksimalkan pelayanan terhadap seluruh masyarakat, salah satunya melalui inovasi baru yang telah dijalankan sejak tiga tahun terakhir. Inovasi tersebut berupa sebuah sistem bernama E-Court.

Dengan E-court ini, menjadikan pemrosesan perkara di pengadilan menjadi lebih efektif dan efisien waktu. Ini merupakan perwujudan dari program jangka panjang Mahkamah Agung, dalam mewujudkan peradilan yang agung, dimana cirinya berorientasi pada pelayanan dan sesuai perekembangan zaman berbasis IT. ” Kita harapkan sampai tahun 2035 semua sudah menggunakan eloktronik, dengan tujuan utama percepatan perkara, penyederhanaan persidangan dan adminiatrasi, kemudian biaya yang lebih dipangkas sangat jauh. Sebab kalau E-Court tidak menggunakan juru sita lagi, karena kan ada biayanya sendiri,” jelas Ade Fauzi, selaku Humas Pengadilan Agama Batulicin, saat ditemui di kantor Pengadilan Agama, Jl. Dharma Praja, Gunung Tinggi, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (26/06/2020).

Dimasa sekarang ini, E-Court adalah jawaban terhadap tuntutan era digital. E-Court ini nantinya akan memudahkan para pengguna untuk bisa melakukan pengiriman data-data gugatan tanpa harus datang langsung ke pengadilan.

Dengan adanya E-Court ini, penanganan perkara akan tetap berjalan cepat  efisien waktu serta biaya bisa terpangkas lebih murah, tanpa harus berwara-wiri ke pengadilan. Selain itu, keluhan para pencari keadilan yang harus menunggu berjam-jam jadwal sidang mulai sedikit teratasi. Secara garis besar E-Court merupakan bagian dari upaya pengadilan untuk memberikan akses kemudahan kepada masyarakat dan para pencari keadilan (justice seeker), serta menjadikan pengadilan semakin transparan, efektif dan efisien.

Fauzi juga menambahkan, Aplikasi ini dapat menunjang urusan pendaftaran perkara oleh advokat, mengingat yang wajib menggunakan E-Court adalah perkara yang menggunakan kuasa hukum, kemudian hal lainnya adalah dipermudahnya proses pemanggilan, gugatan, pembayaran panjar biaya perkara, jawaban, replik, duplik, dan salinan putusan. Juga untuk tata kelola administrasi. Baik untuk perkara perdata, tata usaha negara maupun perkara agama.

Saat ini semua lembaga yang memberikan layanan publik memang dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di masyarakat serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman yang semakin modern.*(BNews/ann/es)