Forkompindo Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Banua di Tanbu

0
21


FOTO : Ist

BATULICIN, BalarindangNews.com– Desa Mekar Jaya, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, menjadi salah satu kampung Tangguh Banua yang menjadi tujuan tim Gubernur bersama Forkopindo Propinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel dalam kunjungan ini diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Dari Forkopimda antara lain Kapolda Kalsel, Dandrem 101/ Antasari. Kedatangan mereka disambut Bupati Tanbu H Sudian Noor beserta jajaran, serta warga Desa Mekar Jaya, dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

Bupati H Sudian Noor mengatakan, dengan adanya Kampung Tangguh Banua yang dimiliki kabupaten Tanbu masuk dalam skala tingkat Provinsi Kalsel, tentu menjadi kebanggan bersama.

“Kampung Tangguh Banua di Desa Mekar Jaya dan Desa Angsana ini tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya karena sudah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan Covid-19,” kata Bupati, Kamis (25/6) saat memberikan sambutan.

 Bupati berharap, Kampung Tangguh Banua ini dapat berjalan terus-menerus, walaupun saat wabah Covid-19 sudah berlalu nanti.

Gubernur Kasel melalaui Asisten I Bidang Pemerintahan  H Sugian Nurbah mengatakan, rombongan sudah mengunjungi dua kampung tangguh pada hari ini. Sebelum ke Tanah Bumbu, terlebih dahulu ke Kampung Tangguh di Kabupaten Tanah Laut. Kemudian dua kampung tangguh lagi di Tanah Bumbu. Besok rencananya akan mengunjungi dua kampung tangguh di Kabupaten Kotabaru.

“Semoga dengan adanya kampung tangguh di desa-desa dalam wilayah Provinsi Kalsel dapat membantu ketahanan pangan di daerah setempat,” ujarnya.

Di lokasi yang sama Sekretaris Desa M Rifai ditanya terkait  berdirinya Kampung Tangguh Banua Desa Mekar Jaya ini mengatakan, hampir 70 persen warga Desa Mekar Jaya memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam sayur-sayuran. “Dengan pola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang sudah berlangsung sejak 2013 lalu, agar ketahanan pangan di daerah ini dapat terpenuhi,” katanya.

Pemprov Kalsel dalam kunjungan tersebut menyerahkan bantuan 3.000 bibit tanaman serta 101 paket sembako kepada relawan Covid-19 yang bertugas di Posko Kampung Tangguh Banua Desa Mekar Jaya.*(BNews/mud/klik)