Haul ke 33. KH Zakaria di Kusan Hulu

0
48

FOTO:Ist

BATULICIN,BalarindangNews.com- Jelang Haul ke 33 KH Zakaria bin H Muhammad di Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu, Minggu (02/08) kemarin, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor bersama istri Hj Sadaria menyempatkan diri berziarah ke makam KH Zakaria bin H Muhammad, dan sejumlah pejabat dari Kecamatan Kusan Hulu dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah serta warga setempat.

Haul merupakan tradisi peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali dengan tujuan mendoakan agar semua amal ibadah yang dilakukannya diterima Allah sekaligus mengenang keteladanan semasa hidup dari tokoh yang diperingati tersebut. Mereka ini adalah alim ulama sekaligus pejuang. Kontribusi KH Zakaria ini bagi masyarakat membuat sosok yang selalu diingat sepanjang masa.

Peringatan Haul dapat mempersatukan sebuah kaum, masyarakat dari beberapa desa yang ada di kecamatan kusan hulu duduk bersama dalam sebuah majelis, mereka makan dengan lahap dalam satu nanpan bersama, tak peduli kaya miskin, tua muda, alim,awam, kerukunan inilah yang tak ternilai harganya. Seperti KH Zakaria bin H Muhammad sendiri adalah salah satu Ulama di Kecamatan Kusan Hulu yang menjadi panutan dan berjuang dalam penyebaran agama Islam di kawasan itu. Hal pertama yang diajarkan kepada murid muridnya adalah cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.*(BNews)