Sedikitnya 1135 Bantuan Paket Konversi BBM ke BBG Dibagikan Kepada Warga

0
6

BATULICIN,BalarindangNews.com-sedikitnya 6 Kecamatan yang ada di kabupaten Tanah Bumbu dan baru dibagikan dan menerima bantuan paket Konversi BBM ke BBG bagi warga, Rabu kemarin (11/11) Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir yang peratma bantuan tersebut dan langsung diserahkan secara simboles oleh  Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo.Dari 6 Kecamatan  yang menerima paket konversi itu sebanyak 1135 paket yang bakal dibagikan kesetiap kecamatan dan lasung ke Desa diantaranya Kecamatan Batulicin 19 paket, Kecamatan Simpang Empat 31 paket, Kecamatan Kusan Hilir 851 paket, Kecamatan Kusan Hulu 120 paket, Kecamatan Sungai Loban 67 paket, dan Kecamatan Satui 47 paket.

Pendistribusian paket konversi itu merupakan program kemitraan antara Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI, untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran di Kabupaten Tanah Bumbu. Dari 1135 paket konversi yang dibagikan itu dari Perwakilan Ditjen Migas Kementerian ESDM, Irene Yulianingsih dalam kegiatan itu mengatakan Tanah Bumbu selama ini telah tiga kali menerima bantuan sejenis.

Sebelumnya pada tahun 2018 ada sebanyak 214 paket konversi yang dibagikan, lalu pada tahun 2019 lalu ada sebanyak 499 paket. Dan sekarang 1135 paket, sehingga keseluruhan berjumlah 1848 paket konversi untuk nelayan sasaran.Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh nelayan sasaran agar mendapat bantuan konversi itu, salah satunya adalah penggunaan jenis bahan bakar di kapal nelayan yaitu bensin. Apabila nelayan menggunakan solar, maka mereka tidak dapat menerima bantuan. Kementerian ESDM berharap dapat meningkatkan perekonomian para nelayan sasaran.

Sementara itu, H Ready Kambo mengatakan bantuan itu akan semakin menunjang dan meningkatkan produktifitas nelayan di Tanbu, mereka perlu mendapat perhatian, terutama terhadap dukungan sarana dan prasarana yang memadai, guna membantu keberhasilan dan kesejahteraan mereka.

“Semoga kedepan, bantuan yang diberikan dapat lebih ditingkatkan, sehingga para nelayan kecil kita tidak saja mampu meningkatkan penghasilannya, akan tetapi juga dapat menjadi salah satu pilar pendukung perekonomian daerah, bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud,” ucap Kambo.

Ready Kambo berpesan kepada nelayan sasaran yang menerima paket konversi untuk menjaga dan merawat peralatan dengan baik. Paket konversi BBM ke BBG ini akan dibagikan oleh Dinas Perikanan Tanah Bumbu bersama pihak terkait lainnya ke wilayah penerima. *(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here