Ready Kambo Serahkan Sertifikat Secara Simbolis

0
34

BATULICIN, BalarindangNews.com– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui BPN Tanah Bumbu kembali menyerahkan sejumlah sertifikat tanah hak milik, Selasa (5/1/2021) siang. Penyerahan sertifikat hak milik tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo di dampingi Kepala BPN Roni LP Sitanggang kepada perwakilan warga, Selasa (05/01/2021) di Gedung ATR BPN Kelurahan Gunung Tinggi.

Kegiatan tersebut diawali dari penyerahan sertifikat tanah secara virtual oleh Presiden Joko Widodo yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka Jakarta.
Selain penyerahan sertifikat tanah kepada warga, pihak BPN turut menyerahkan sertifikat Tanah Wakap kepada pihak Kementrian Agama Kab. Tanbu serta penyerahan sertifikat tanah aset kepada pihak Pemerintah Daerah yang diwakili pihak Dinas Perumahan Dan Pemukiman Pertamanan setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo menjelaskan, tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman tanpa adanya persengketaan. Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah yang memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah. Kurang optimalnya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimilik masyarakat.

Keberadaan sertifikat bisa memberikan kepastian hukum bagi pemilik tanah. Karena sertifikat hak milik ini merupakan bukti yang paling tinggi sekaligus untuk memberikan kepastian bagi pemiliknya. Hendaknya, masyarakat juga jangan serta merta menjual tanahnya setelah memiliki sertifikat. Pengoptimalkanlah manfaat tanah lebih ditekankan untuk memberi manfaat kedepannya. *(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 6 =