Kondisi Terkini Kantor Gubernur Sulbar yang Ambruk Akibat Gempa

0
14

MAMUJU, BalarindangNews.com – Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi salah satu gedung yang ambruk akibat gempa bumi berkekuatan M 6,2 di Kabupaten Majene. Penampakannya kini hanya berupa puing-puing gedung.
Pantauan detikcom, Sabtu (16/1/2021), kondisi kantor Gubernur Sulbar, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Kecamatan Simboro, Mamuju, kini benar-benar hancur di bagian depan. Hanya tersisa material-material bangunan yang hancur, berupa serpihan tembok dan besi bangunan.

Lantai halaman depan kantor Gubernur, yang terbuat dari tegel, mengalami retak parah. Hanya ada satu tiang bendera yang masih berdiri tegak di halaman depan.

“Tapi kemarin tiang bendera ini juga goyang waktu gempa,” kata seorang warga bernama Wawan (39) di lokasi.

Pada halaman depan kantor Gubernur Sulbar, telah terlihat dua unit ekskavator. Tapi belum terlihat tanda-tanda material bangunan mulai disingkirkan.

Gedung utama kantor Gubernur Sulbar yang ambruk diperkirakan memiliki panjang sekitar 50 meter ke belakang. Khusus untuk bagian belakang gedung, kondisi kerusakan sekilas terlihat jauh lebih kecil.

Kerusakan kecil tersebut berupa keretakan-keretakan gedung dan tak sampai ambruk. Meski demikian, warga tak berani mendekat. Mereka khawatir sewaktu-waktu gedung bagian belakang juga ambruk.

Untuk diketahui, gedung Kantor Gubernur Sulbar memiliki bangunan berarsitektur rumah adat Mandar. Bentuk bangunan pada bagian depan sama persis dengan bentuk bangunan pada bagian belakang.

Namun kini kondisi pada bagian depan telah ambruk total akibat gempa. Sementara itu, bagian belakang kondisinya sedikit lebih baik.*(Hermawan/detiknews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + five =