Aplikasi Eraterang Digadang Permudah Layanan Peradilan

0
51

BATULICIN, BalarindangNews.com – Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Sosialisasi Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (Eraterang) di ruang rapat Bersujud I, Senin (22/02/2021). Surat Keterangan Elektronik (Eraterang) adalah layanan bagi masyarakat yang ingin mengajukan berbagai surat pernohonan di Pengadilan Negeri secara elektronik.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Pelaksana harian Bupati Tanah Bumbu H. Ambo Sakka, dan di hadiri oleh seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Tanah Bumbu, yang didampingi oleh masing-masing operator computer.

Dalam sambutanya Plh Bupati Tanah Bumbu H. Ambo Sakka menyampaikan, dengan kegiatan ini bisa didapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang e-court, gugatan sederhana dan eraterang. “Produk layanan yang disosialisasikan ini, E-Court atau layanan pendaftaran perkara secara online, pembayaran online dan pemanggilan secara online dan Eraterang yang merupakan layanan surat keterangan elektronik,” katanya.

Untuk diketahui, Aplikasi E-raterang ini meliputi : 1. Surat Keterangan Tidak Sedang Dinyatakan Pailit. 2. Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana. 3. Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya Dengan melampirkan syarat-syarat sebagai berikut : 1. Surat Permohonan ; 2. Kartu Tanda Penduduk ; 3. Surat Keterangan Berlakuan Baik (SKCK); 4. Foto 3×4 warna merah 5. PNBP Rp.10.000.

Sementara itu, Ketua PN Tanah Bumbu Kukuh Kurniawan, SH,MH, mengatakan, produk layanan dari Mahmakah Agung RI ini sudah di canangkan sejak beberapa tahun lalu dan mendapatkan respon baik dari masyarakat. “Mengingat banyaknya respon positif, dari masyarakat, maka kami akan segera melakukan MoU dengan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu” ungkap Kukuh.

Untuk itu juga, pihaknya turut berkewajiban untuk menyampaikan produk layanan ini kepada masyarakat luas. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi Aplikasi Eraterang tersebut maka akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh para pencari keadilan terhadap aplikasi yang diterapkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerja aparatur peradilan serta dapat memberikan pelayanan yang cepat dan mudah serta informasi yang disampaikan sesuai dengan petunjuk serta pedoman yang berlaku.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + nine =