Wujudkan Target Nasional Pelayanan Dasar Sanitasi, TFL Diberi Pelatihan

0
36

BATULICIN, BalarindangNews.com – Dalam rangka ikut berkontribusi mencapai target nasional 100% akses pelayanan dasar sektor sanitasi Tahun 2025. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar pelatihan penguatan kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) bidang Sanitasi Tahun 2021. “Kegiatan ini adalah sebagai upaya menguatkan pelayanan sektor air limbah domestik di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Kepala Dinas PUPR H. Ansyari Firdaus, Selasa (03/02/2021), di Gedung Serbaguna Mahligai Bersujud 2, Gunung Tinggi.

Ansyari Firdaus menyampaikan, akses penduduk kepada prasarana dan sarana air limbah pemukiman pada dasarnya, erat kaitannya dengan aspek kesehatan lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya serta kemiskinan. Dengan begitu, hasil berbagai pengamatan dan penelitian telah membuktikan, semakin besar akses penduduk kepada fasilitas prasarana dan sarana air limbah pemukiman serta pemahaman tentang hidup bersih dan sehat, semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit yang ditularkan melalui media air (waterbomr diseases).

Oleh karena itu lanjutnya, pelaksanaan pelatihan TFL memiliki tujuan strategis untuk neningkatkan pemahaman mengenai kebijakan dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembangunan tangki septik individual bagi masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. “Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah pembekalan teknis pemberdayaan dalam rangka penyampaian kegiatan kebijakan dan petunjuk teknik terkait bantuan pembangunan tangki septik individual kepada masyarakat berpenghasilan rendah calon penerima manfaat,” kata Ansyari Firdaus.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu dr. H. M. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Rahmat mengatakan upaya peningkatan cakupan layanan sektor air limbah domestik Kabupaten Tanah Bumbu, melalui pembangunan fasilitas sanitasi, perlu didukung oleh TFL.

Dimana TFL merupakan ujung tombak Pemerintah Daerah di lapangan, yang bertugas mendampingi, membantu dan bekerjasama dengan Aparatur Negara untuk melakukan sosialisai dan pengawasan dalam kegiatan pembangunan fasilitas sanitasi di desa. Keberhasilan pembangunan fasilitas sanitasi desa melalui pendampingan yang optimal dari TFL, bakal menentukan terwujudnya sanitasi yang layak dan sehat di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jika masyarakat desa memiliki fasilitas sanitasi yang layak guna, maka masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pertumbuhan penyakit stunting, dan tentunya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu semakin sehat,” kata H. Rahmat. *(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 1 =