Disdukcapil Tanbu Segera Berlakukan Pelayanan Dokumen Kependudukan Secara Online

0
43

BATULICIN, BalarindangNews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan memberlakukan pelayanan urusan dokumen kependudukan masyarakat secara online. Pemanfaatkan kemajuan teknologi bisa digunakan untuk mengurangi penyebaran dan risiko penularan terjadi nya virus Corona ( Covid-19). “Tidak lama lagi untuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan dapat diakses hingga ke tingkat desa, yang mana saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk akses pelayanan melalui online hingga ke tingkat desa,” kata Eka Saprudin selaku Kepala Disdukcapil Tanbu, kepada awak media, Rabu (3/03/2021).

Eka menambahkan, meski masih tahap perencanaan, pihaknya optimis akan segera meluncurkan sarana pengurusan administrasi meskipun tentunya dengan akses yang luar biasa banyak akan banyak kendala teknologi.“Saat ini kita perlu server yang besar, agar tidak ada kendala nanti kalau terlalu banyak penggunananya,” katanya.

Adapun tujuan penyebaran layanan tersebut jelas Eka, agar masyarakat tidak lagi jauh ke pusat kota hanya untuk mengurus berkas data kependudukan. Apalagi saat ini masa pandemi Covid-19, sehingga nantinya tidak ada lagi masyarakat berkumpul yang menyebabkan kerumunan. Sampai dengan saat ini, pelayanan Disdukcapil Tanbu berjalan dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni menjaga jarak duduk, menggunakan masker, cek dulu suhu tubuh, dan harus melalui bilik disinfektan. “Selama ini kita sudah memberlakukan pelayanan langsung, namun untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan masyarakat, namun kami akan segera melakukan pelayanan secara online.” jelas Eka.

Eka juga menuturkan, beberapa waktu lalu layanan mereka sempat ditutup dikarena ada pegawai yang terpapar Covid-19, untuk itu dia mengupayakan kemudahan layanan agar tidak terjadi kerumunan orang di Kantor Disdukcapil.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × four =