Buka Musrembang Kecamatan, Zairullah Ingatkan Usulan Prioritas

0
37

SATUI, BalarindangNews.com– Terbatasnya anggaran daerah di masa pandemi Covid-19, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) lebih selektif dalam merumuskan anggaran pembangunan daerah. “Masyarakat yang terlibat dalam musrenbang agar mengusulkan kebutuhan prioritas dalam program pembangunan. Sehingga bisa tepat sasaran, karena sesuai dengan kepentingan bersama,” kata Bupati Tanbu dr. H.M. Zaitullah Azhar, M. Sc saat membuka musrembang di kecamatan Satui, Senin (15/3/2021).

Menurut Zairullah, semua elemen masyarakat dan aparatur kecamatan Satui, agar mengusulkan kebutuhan prioritas dalam penyusunan program saat musyawarah rencana pembangunan (Musrembang). Alasan Zairullah, karena keterbatasan anggaran dimasa pandemi, sehingga harus mengutamakan kepentingan mendesak. “Dalam masa pandemi Covid-19, anggaran daerah terbatas sehingga harus mengutamakan kepentingan yang mendesak. Lebih sebagian APBD kabupaten nantinya akan dominan untuk penanganan virus corona yang belum ada tanda-tanda berakhir.” jelasnya.

Zairullah juga mengingatkan agar musrembang ini menghasilkan usulan yang berkualitas dengan mengakomodir kepentingan seluruh masyarakat Satui. “Misalnya infrastruktur jalan, sarana public, dan program dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, kehadirannya di musrembang bukan sekedar membuka kegiatan. Tapi lebih dari itu, yakni memberikan motivasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dalam merumuskan perencanaan pembangunan, dengan menyentuh semua aspek. “Saya mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat turut hadir dalam setiap musrenbang di sejumlah kecamatan,” pungkasnya.

Dalam musrembang di kecamatan Satui ini, semua elemen masyarakat diminta hadir agar bisa terlibat memberikan usulan dan merumuskan perencanaan, tak terkecuali tokoh-tokoh pemuda.

Seperti Rendy, yang mewakili organisasi kepemudaan Gempita, satu dari ratusan masyarakat yang terlibat dalam perumusan musrenbang.

“Saya nilai, musrenbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan usulan pembangunan agar bisa direalisasikan pemerintah kabupaten,” kata Rendy.

Rendy sependapat dengan Bupati Zairullah Azhar, yang mengingatkan agar usulan mengutamakan kebutuhan prioritas, satu diantaranya infrastruktur jalan. Karena di Satui masih banyak akses jalan yang belum mulus atas beraspal.

“Namun bagi pemuda, ada usulan lain yang tak kalah penting, yakni pembangunan sarana olahraga dan seni,” tandasnya.

Ia menambahkan, selama pandemi nyaris tak ada kegiatan positif yang bisa dilakukan pemuda di daerahnya. Pasalnya keterbatasan fasilitas penunjang, seperti lapangan sepakbola dan gedung seni, membuat mereka tak bisa mengembangkan bakatnya dan lebih banyak berdiam diri dirumah.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 3 =