Pentingnya Musrenbang untuk Optimalkan Pembangunan Daerah

0
45

ANGSANA, BalarindangNews.com – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr.H. M. Zairullah Azhar, M. Sc menghadiri rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2022 tingkat Kecamatan yang di laksanakan di gedung Serba Guna Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Senin (15/03/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tanbu dr. H. M. Zairullah Azhar, M. Sc menyampaikan, salah satu arena proses pengambilan keputusan secara partisipatif dalam kebijakan daerah adalah musrenbang. Itu merupakan arena strategis dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif, dengan melibatkan tiga pilar pemerintahan, yaitu pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif), masyarakat. “Camat dan anggota DPRD yang hadir agar memperjuangkan apa yang diharapkan masyarakat. Tolak ukur dari semua ini adalah pada data base sementara data itu harus diperkuat seperti luas desa jumlah penduduk dari berbagai strata.” kata Bupati.

Zairullah juga menginhatkan, apa yang sudah bahas di Musrenbang tentu adalah kepentingan rakyat dan kepentingan rakyat lah harus serius di perjuangan bersama sama. Menurut dia, forum musrenbang merupakan momen penting, karena akan memantapkan persiapan penyusunan rencana pembangunan, dengan menghasilkan arah dan kebijakan umum berupa RKPD Tanah Bumbu. Dalam pelaksanaannya, pejabat pemerintah dan kalangan masyarakat secara dialogis dan setara membahas dokumen rancangan awal RKPD untuk menyepakati hal penting bagi kemajuan daerah.

“Kepala Desa harus mencatat berapa yang miskin setengah miskin yang kaya dan berapa luas dan panjang jalan baik rusak dan setengah rusak. Semua ini harus di catat agar menjadi acuan tanggung jawab kepala desa.” pinta Zairullah.

Lebih lanjut Zairullah juga menegaskan, lerlu keseriusan untuk benar benar menentukan kebijakan yang tepat sasaran. “Data itu harus ada nanti ditangan saya kemudian nanti akan kita bahas setalah Musrenbang nanti, barangkali ada yang akan kita tuntaskan pembahasannya dan ada pula yang tidak . Sementara yang tidak dituntaskan akan kita bicarakan ,kerena saya bertanggung jawab untuk mencarikan duitnya. “paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membawa manfaat yang optimal bagi peningkatan pembangunan daerah dan hasilnya dapat diukur tingkat keberpihakannya terhadap kepentingan masyarakat.

Zairullah juga meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teknis yang terkait dengan kegiatan prioritas dan pelayanan publik, agar memetakan program dan kegiatannya berdasarkan potensi dan kondisi wilayah kecamatan, serta melakukan evaluasi program dan kegiatan yang sudah dijalankan.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + eleven =