Awasi Obat Serta Makanan, Pemkab Tanbu Gelar MoU dengan Loka POM Banjarmasin

0
16

BATULICIN, BalarindangNews.com– Guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari obat- obatan dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Loka POM Banjarmasin melakukan penandatanganan MOU untuk melakukan pengawasan obat dan makanan yang beredar di masyarakat, Senin (24/05/2021) di ruang rapat Bupati Tanah Bumbu.

Dalam penandatanganan MOU juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, dan beberapa pejabat terkait dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr. H. M. Zairullah Azhar, M. Sc menyampaikan penandatanganan MoU antara Pemkab Tanah Bumbu dan Loka POM Banjarmasin memberikan kejelasan penting dalam pengawasan obat dan makanan. Dengan kerjasama tersebut juga menjadi penguatan penting dalam melindungi kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut Zairullah menambahkan, akan terus bekerjasama dan berkoordinasi dengan Loka Pom Tanah Bumbu untuk melakukan pengawasan obat dan makanan.
Sementara itu, Kepala Balai Besar POM Banjarmasin, Leonard Duma mengatakan, dengan adanya kesepakatan bersama ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu selalu siap sedia mewujudkan perlindungan kesehatan dan keselamatan konsumen yang ada di wilayahnya.

Sebagaimana yang tertuang di dalam Kesepakatan Bersama bahwa baik Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan Balai Besar POM Banjarmasin akan bersinergi dalam hal pengawasan terpadu di bidang obat dan makanan, peningkatan pemberdayaan masyarakat, penguatan jejaring pengawasaan keamanan pangan terpadu, pembinaan dan pendampingan UMKM obat tradisional, kosmetik, dan pangan olahan.

Kemudian integrasi data dan sistem informasi dalam rangka percepatan perijinan di bidang obat dan makanan, pemanfaatan, peningkatan dan pengembangan sumber daya yang dimiliki dalam rangka pengawasan obat dan makanan.

Lalu pertukaran data dan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan, serta bantuan teknis yang mendukung tugas dan fungsi masing-masing.

“Dengan demikian maka diharapkan dengan adanya Kesepakatan Bersama ini dapat mensupport satu sama lain dalam menjalankan tupoksi, baik Pemerintah Daerah maupun Balai POM untuk melakukan pengawasan dan pembinaan di bidang Obat dan Makanan,” terangnya.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =