Dukung Pertanian, Pemkab Tanbu Segera Bangun Waduk Irigasi di Sungai Kusan

0
21

BATULICIN, BalarindangNews.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus mendukung proyek infrastruktur kerakyatan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka menjaga produktivitas pertanian yang berkelanjutan, demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Bupati Tanbu dr. HM Zairullah Azhar, M.Sc mengatakan, pembangunan infrastruktur kerakyatan utamanya berupa peningkatan irigasi melalui pembangunan waduk. Pemerintah daerah saat ini sedang merencakan pembangunan waduk irigasi di Sungai Kusan.

Keuntungan dari terwujudnya waduk tersebut diharapkan menunjang peningkatan kehidupan para Petani di Tanah Bumbu. “Petani kita harus maju dengan adanya waduk irigasi itu, dan Insyaallah dengan adanya waduk itu kita tidak kalah dengan Riam Kanan,” kata Zairullah usai kegiatan penandatanganan MoU dengan Loka POM Banjarmasin, Senin (24/05/2021).

Keberadaan waduk tidak hanya berfungsi menjadi andalan pertanian namun sebagai pencegah terjadinya banjir yang kerap melanda saat ini.

Selain itu pula Zairullah menambahkan. Tanah Bumbu sudah dipersiapkan sebagai penyangga ibukota baru. Tentu suplai air di ibukota negara yang baru sangat membutuhkan itu. “Kita yakin pada kedepannya tentu adanya saling sinergi, pertaniannya maju dan irigasi tersedia maka diharapkan akan bisa memenuhi kebutuhan ibukota RI yang baru,” papar Zairullah.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − 1 =