Tingkatkan Kenyamanan, Objek Wisata Kubah Pagatan Segera Diperbaiki

0
24

BATULICIN, BalarindangNews.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan peninjauan kawasan objek wisata religi Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammad As’ad atau Datuk Lamak yang lokasinya terletak di Desa Mattone, Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Tanah Bumbu, Minggu (23/05/2021).

Penataan dan rencana perbaikan kawasan yang juga merupakan cagar budaya ini dilakukan karena jumlah pengunjung yang cukup banyak ke objek wisata religi ini. Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammad As’ad atau Datuk Lamak selalu ramai dikunjungi peziarah baik dari dalam maupun luar daerah bahkan dari pulau jawa.

Dalam peninjauan tersebut, didapati kondisi Kubah Pagatan ini sudah banyak mengalami kerusakan, karena banyak bagian bangunan yang mulai hancur bahkan mulai dari kubahnya hingga pendoponya.

Mengetahui hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah mengatakan, setelah kita lakukan peninjau dan pengecekan ini kondisi Kubah pagatan, akan lakukan rehab ringan. “Melihat kondisi Kubah sudah banyak bangunan yang mulai rusak, kita akan segera melakukan rehab ringan, sehingga kubah pagatan ini terus terjaga dan menjadi salah satu wisata relegius di Bumi Bersujud, sebab ini makam guru kita selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari dalam maupun luar kota,” kata Subhansyah.

Menurutnya, komplek wisata religi ini, mengundang banyak peziarah. Sementara fasilitas yang ada di Kubah Pagatan masih sangat minim dan banyak yang rusak. Sudah sepatutnya diperbaiki. Padahal, tempat ini selalu dikunjungi orang luar daerah.

“Dari pengecekan kita, akses jalan, kubahnya, plafon, atap dan kemudian dekat pintu masuk kubah bocor. Selain itu pendopo tempat berkumpul bersama dan makan-makan juga sudah bocor, ”jelasnya.

Subhansyah berencana, akan memasukkan rehab kubah ini di anggaran perubahan nanti. Diharapkan dengan perencanaan anggaran yang maksimal, realisasi untuk perbaikan kubah serta fasilitas pendukung lainnya akan terlaksana sesuai dengn apa yang diharapkan masyarakat.

Menurut Subhansyah, dengan perbaikan perbaikan diharapkan akan meningkatkan kualitas kawasan dan potensi wisata yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar baik dari aspek spiritual, sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. * (BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + fourteen =