Dinkes Tanbu Gencar Gelar Rapid Test Massal di Pasar Tradisional

0
12

PAGATAN, BalarindangNews.com –Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Kesehatan Tanbu bersama tenaga kesehatan dari puskesmas setempat gencar melakukan rapid test antigent massal di beberapa pusat keramaian, salah satunya di pasar tradisional dan kawasan pertokoan Pasar Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (18/06/2021)

Disela-sela kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Setia Budi melaporkan sedikitnya 50 tenaga kesehatan yang disiapkan melakukan rapid tes antigen. Mereka berasal dari PKM Pagatan, PKM Pulau Tanjung, serta Dinas Kesehatan sendiri. “Target untuk pemeriksaan seluruhnya adalah 1.000 orang, dengan sasaran pejabat eselon 2,3 dan 4 lingkup pemerintah daerah, serta warga masyarakat,” jelas Setia Budi.

Secara terpisah, Bupati Tanah Bumbu dr. H. M. Zairullah Azhar menyampaikan kegiatan itu merupakan upaya pemerintah daerah mengantisipasi sekaligus menekan penyebaran Covid 19 di Bumi Bersujud.

“Kita ketahui secara nasional, terjadi perkembangan (kasus Covid 19, red) yang luar biasa, sehingga kita di Tanah Bumbu harus melakukan langkah-langkah pencegahan,” ungkap Bupati.

Zairullah meyakini, gerakan ini akan sukses apabila didukung semua pihak, khususnya jajaran pemerintah daerah bersama keluarga, dan masyarakat Tanah Bumbu. Kegiatan Rapid test massal diyakini mampu menekan dan membatasi penyebaran virus corona Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kita saling bekerjasama dan berusaha, bergerak mengajak masyarakat untuk menekan perkembangan Covid 19,” sebut Zairullah.

Tak lupa, Zairullah juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh warga masyarakat terhadap upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid 19 dari awal hingga sekarang ini.

“Semoga seluruh wilayah di kabupaten kita menjadi hijau (zona hijau, red) semua,” harap Bupati.

Di saat yang bersamaan, Ambo Sakka turut mengecek kondisi Pasar Pagatan yang menjadi lokasi pelaksanaan rapid test antigen. Salah satunya terkait penerapan protokol kesehatan di dalam pasar. “Kebersihan pasar harus terus dijaga dan para pedagang harus menggunakan masker serta menjaga jarak dengan pembeli,” katanya.

Sebagai informasi, selain menyediakan rapid test, pihak Dinas Kesehatan juga dibagikan masker kepada warga di lokasi itu. Dalam momen itu, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka langsung turun dan ikut membagikan masker hingga ke dalam area Pasar Pagatan.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 11 =