Puskesmas Sebamban I Raih Juara II Lomba Puskesmas Ramah Anak

0
11

BATULICIN, BalarindangNews.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Sebamban 1 Kecamatan Sungai Loban berhasil menorehkan prestasi dengan meraih juara kedua Lomba Puskesmas Ramah Anak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021.

Kepala Puskesmas Sebamban I, Amiruddin belum lama tadi mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hal yang patut diapresiasi, karena dari sekian ratus puskesmas di Kalimantan Selatan, Puskesmas Sebamban 1 bisa menjadi juara 2 tingkat provinsi.

Diungkapkannya, pencapaian itu telah melewati berbagai tahap persiapan, diantaranya akomodir wc anak, tempat bermain anak, kelengkapan administrasi, serta inovasi gizi dan laboratorium.

Ia juga menyebutkan, selisih nilai dengan juara 1 hanya berjumlah 10 point, yakni Puskesmas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan nilai 890 point, sedangkan Puskesmas Sebamban 1 dengan nilai 880 point meraih juara 2.

Lebih jauh dijelaskannya, langkah yang dilakukan pihaknya hingga meraih juara yakni melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dan Dinas KBP3A Kabupaten Tanah Bumbu terkait kebijakan pelayanan dan administrasi.

Disamping itu, dikatakannya, berdasarkan penilaian dewan juri, hal lain yang perlu ditingkatkan adalah kelengkapan buku-buku pedoman puskesmas serta prasarana.

Menutup konfirmasi, Amiruddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi, khususnya Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Dinas Kesehatan, lintas sektor kabupaten dan kecamatan, dan seluruh karyawan Puskesmas Sebamban 1 yang selalu memberikan pelayanan terhadap anak terutama hak-hak anak untuk mendapatkan kesehatan.

Adapun penetapan juara Lomba Puskesmas Ramah Anak tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan, menobatkan 5 Puskesmas terbaik diantaranya juara pertama Puskesmas Kandangan, terbaik kedua Puskesmas Sebamban 1, ketiga Puskesmas Pugaan – Tabalong, keempat Puskesmas Sungai Malang – Hulu Sungai Utara dan Puskesmas Cempaka – Banjarmasin sebagai juara kelima. (Rel/Zhd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × two =