Disdagri Tanbu Pastikan Pasokan Pangan Aman Jelang Idul Adha

0
18

BATULICIN, BalarindangNews.com–Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) memastikan persediaan bahan pokok (bapok) masih terjaga dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat jelang Idul Adha. Namun, ada sejumlah komoditas yang naik seperti daging hingga ayam kampung.

“Kami pastikan ketersediaan bapok melimpah, masih cukup dan aman untuk menghadapi Idul Adha, Secara umum harga masih relatif normal seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, beras, dan kebutuhan vital lainnya,” kata Kepala Disdagri Tanbu H. Deny Haryanto, saat melakukan kegiatan pengawasan harga dan stok bahan pokok di Pasar Harian Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Senin (12/07/2021).

Sedangkan untuk komponen bapok yang mengalami kenaikan yaitu telur, daging ayam kampung, daging sapi, dan ikan peda.

Harga per hari ini, telur ayam kampung dari harga Rp.2500/biji naik menjadi Rp.3500/biji.
Daging ayam kampung dari harga Rp.80.000/kg naik menjadi Rp.90.000/kg.
Daging sapi dari harga Rp 130.000/kg naik menjadi Rp.140.000/kg.
Ikan peda dari harga Rp.35.000 /kg naik menjadi Rp.40.000 /kg.
Ikan tongkol dari harga Rp.30.000/kg naik menjadi Rp.35.000/kg.

Kondisi kenaikan ini, sebut H. Deny dipicu oleh siklus tahunan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) karena banyaknya permintaan.

Sementara itu, untuk ketersediaan bapok dan bapokting vital di kab. Tanbu sampai akhir Juli 2021 cukup tersedia pada gudang para Distributor. Di sisi lain, walaupun persediaan bahan pokok relatif aman, pihaknya tetap akan memaksimalkan upaya untuk menjaga kestabilan harga dan mengantisipasi permasalahan distribusi bapok. Terlebih, saat ini tengah berlaku PPKM darurat di Jawa-Bali, dan Kalimantan Selatan merupakan pintu masuk barang atau komoditas dari luar pulau, untuk kemudian didistribusikan ke Kalimantan Tengah dan Timur.

Tindak lanjut dari hasil pengawasan yang dilakukan ini, sambung H. Deny yaitu melakukan monitoring dan sosialisasi agar pedagang tidak menaikan harga diatas kewajaran dan mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aksi borong sembako.

Kemudian, melakukan kordinasi dengan pihak/institusi terkait kelancaran distribusi bapok dan bapokting.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 18 =