Komisi I DPRD Provinsi Kalsel Monitoring BUMDes Karya Indah

0
23

ANGSANA, BalarindangNews.com – Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Hj. Rachmah Norlias berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu mendukung laju roda perekonomian terlebih di tengah upaya pemulihan sektor ekonomi.

Hal tersebut dikemukakan pada kunjungan kerja (kunker) yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Hj. Rachmah Norlias yang di dampingi Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Zulkipli, MP dalam rangka monitoring ke kantor BUMDes Karya Indah, Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, dengan disambut langsung oleh Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir, SE, M. AP, Jum’at (16/07/21).

Bumdes Karya Indah, Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana adalah salah satu Desa yang memiliki BUMDes yang maju di Tanah Bumbu, dan baru-baru ini telah dilaksanakan Lomba Bumdes Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan meraih predikat BUMDes terbaik ke-5 se Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2021.

Hal itu dapat memotivasi Desa lain untuk terus mengembangkan BUMDes-nya apalagi, Kepala Desa Karang Indah Harianto mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi dan kabupaten agar dapat membantu memfasilitasi program-program dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang dapat meningkatkan kemajuan BUMDesa Kabupaten Tanah Bumbu, terkhusus juga kepada Komisi 1 DPRD Provinsi dapat membantu mengingatkan kepada SKPD terkait untuk menganggarkan dana stimulan dalam rangka kemajuan Bumdes kedepannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu Samsir, SE.,M.AP menekankan untuk terus mengembangkan BUMDes yang mana saat ini ada 134 Bumdes di Kabupaten Tanah Bumbu (Tumbuh= 62 Bumdes, Berkembang = 67 Bumdes dan Maju= 14 Bumdes). “Kedepan kita akan tingkatkan pembinaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia, apakah nantinya akan dilatih pengelola Bumdes atau bagaimana kita lihat evaluasi kita dulu di internal DPMD,” kata Samsir.

Samsir juga menyampaikan, Kecamatan Angsana nanti kita jadikan Pilot Project Dalam Pengembangan Bumdes karena didukung peluang dan potensi yang menjanjikan dengan keindahan bawah laut pantai Angsana yang menjadi primadona desa Angsana, kemudian beberapa desa untuk pengembangan Agro wisata, kuliner dan kerajinan lainnya, serta Desa Mekarjaya melalui Dana Desa mengembangkan usaha ekonomi masyarakat mrlalui Bumdes mart yang satu-satunya desa di Kalimantan Selatan yang memiliki Bumdes mart menggunakan Dana Desa.

Mewakili atas nama Pemerintah Daerah, Samsir mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, “kepada Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas PMD Provinsi yang sudah berkenan berkunjung dan meluangkan waktunya untuk memberikan saran dan masukan kepada BUMDesa Karya Indah, Kecamatan Angsana agar dapat maju atau mandiri ke arah yang lebih baik kedepannya,” kata Samsir.*(BNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 3 =