21 October 2019

Anggaran Gaji Ke-13 dan THR 2017 Capai Rp.23 Triliun

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

Ilustrasi. (FOTO : beritapns.com)

JAKARTA, BalarindangNews.com - Anggaran untuk pencairan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) naik tahun 2017 ini. “Dari sisi keputusannya dan anggarannya, basisnya Undang-undang APBN yang disetujui. Anggarannya kami sediakan Rp. 23 triliun,” kata Sri Mulyani di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (1/6).

Pada tahun sebelumnya, realisasi anggaran untuk gaji ke-13 dan THR sekitar hampir Rp 18 triliun. Ini berarti ada kenaikan anggaran di tahun ini dari tahun lalu, dengan rinciannya yaitu dana untuk membayar gaji ke-13 PNS aktif di 2016 sekitar‎ Rp 6,5 triliun, gaji ke-13 untuk pensiunan PNS Rp 6,2 triliun, dan THR bagi PNS aktif Rp 5,2 triliun.

Secara terpisah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, “gaji ke-13 kita putuskan akan diterima sebelum hari raya termasuk juga THR. Itu juga akan kita bayarkan sebelum Lebaran. Saya dengan Menkeu (Sri Mulyani) sudah sepakat. Intinya gaji ke-13 itu tidak boleh kurang dari apa yang kita lakukan tahun lalu,” jelasnya.

Asman juga menambahkan, penerimaan gaji dan THR harus dibarengi dengan kinerja yang semakin baik, apalagi saat ini diterapkan sistem kinerja terukur yang dapat mengetahui sejauh mana prestasi dalam bekerja seorang aparatur negara.”Harapan saya pemberian ini bisa meningkatkan kinerja. Kemudian masing-masing unit harus mengetahui beban kerja supaya kontribusinya kerjanya pun terukur,” katanya.*(BNews/Disarikan dari berbagai sumber)

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5