21 July 2019

Sosialisasi dan Pendataan Kapal Kecil

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

FOTO : Ist

SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Sungai Danau menggelar sosialisasi dan pendataan kapal-kapal milik nelayan di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban Senin, (13/05/2019). Sosialisasi dan pendataan dihadiri langsung oleh Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP. Dalam sambutannya Camat menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk di ikuti warga Desa Sungai Dua Laut, karena mendapatkan informasi mengenai Kapal Nelayan.

Lebih lanjut Samsir menyampaikan, sasaran pendataan adalah kapal berukuran di bawah GT 7. Pendataan ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI. Tujuannya dari pengukuran ini adalah untuk memperjelas status kapal dan juga kepemilikannya. Selain itu, tujuan sosialisasi ini agar Nelayan kedepannya bisa memiliki BST (Besic Safety Training) dan SKK (Surat Kecakapan Kapal) dengan syarat copy KTP, Copy KK dan Copy Ijazah  secara gratis. 

Kedepannya, Camat juga berpesan agar masyarakat yang belum mengetahui informasi ini agar segera disampaikan kepada warga lainnya sehingga di Desa Sungai Dua Laut Kedepannya nelayan sudah memiliki BST dan SKK. ibarat pengendara sepeda motor  BST adalah  (BPKB) sedangkan SKK adalah SIM.

Dengan adanya pendataan, dapat meningkatkan aspek keselamatan pelayaran serta bisa dengan mudah mengetahui sesuatu hal yang terjadi. Program sosialisasi dan pendataan selanjutnya akan dilaksanakan di Desa Sebamban Lama dan Sumber Sari. Untuk itu Samsir mengimbau kepada seluruh nelayan di Kecamatan Sungai Loban agar segera mendaftarkn kapal-kapalnya.*(BNews)

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5