21 July 2019

Tanbu Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

FOTO : Ist 

BATULICIN, BalarindangNews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi penyusunan dokumen peta resiko bencana di Tanah Bumbu. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu, kawasan jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (10/07/2019).

Sosialisasi yang dirangkai dengan Rapat Koordinasi tersebut dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan H.M. Thaha. Kegiatan ini juga menghadirkan Tenaga Ahli Direktorat Penanggulangan Resiko Bencana dan Fasilitator Nasional Pusat, Ridwan Yunus selaku narasumber. 

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam sambutan tertulisnya disampaikan H.M. Thaha berharap komitmen semua pihak untuk mengintegrasikan program kegiatan dan langkah lain yang dibutuhkan dalam mengupayakan Penanggulangan bencana di Tanah Bumbu. “Diharapkan kegiatan hari ini menghasilkan rumusan – rumusan terbaik dan juga menghasilkan kesepahaman dalam menyusun peta resiko bencana daerah, agar kita lebih sigap, siaga, dan tanggap dalam penanggulangan bencana serta penanganan korban bencana,” ujar Bupati. 

Kabupaten Tanah Bumbu dipilih oleh BNBP RI sebagai salah satu kabupaten pelaksana program dan Kajian Resiko Bencana karena Kabupaten Tanah Bumbu memiliki Indeks Ketahanan Daerah (IKD). Hal tersebut sebagaimana surat yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor B/119/BNPB/PK.01.01/06/2019 tertanggal 10 Juni 2019, perihal Dukungan Kegiatan Penyusunan Dokumen Peta Resiko Bencana, maka Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah membentuk Tim Teknis Daerah Penyusunan Kajian Resiko Bencana yang bertujuan untuk melakukan koordinasi dan mengumpulkan data tentang Indeks Ketahanan Daerah (IKD) sebagai langkah awal dalam menyusun peta resiko bencana daerah. 

Bupati juga menambahkan, bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk memperoleh sebuah Dokumen Peta Resiko Bencana Kabupaten Tanah Bumbu yang dapat menilai kemungkinan jumlah jiwa terdampak dan besar kerugian serta areal hektar lingkungan yang rusak akibat ancaman yang ada di daerah, dan mengetahui tingkat dan sebaran ancaman bencana, kerentanan dan resiko bencana.*(BNews)

 

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5