13 November 2019

PIS-PK Integrasikan Berbagai Program Puskesmas

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

FOTO : Ist 

TANAH BUMBU, BalarindangNews.com - Program Indonesia Sehat menjadi program utama Pembangunan Kesehatan dengan sasaran meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Rabu (02/10/2019), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) menggelar pertemuan intervensi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan pertemuan ini dihadiri oleh kepala puskesmas, bidan, perawat, tenaga ahli gizi desa, dan pengurus program kegiatan dari Dinkes Tanbu dengan jumlah keseluruhan mencapai 250 orang peserta. Selain itu hadir pula  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel), Balai Pelatihan Kesehatan Kalsel dan Kepala Dinas Kesehatan Tanbu. 

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Hj Mariani mengatakan, PIS-PK merupakan salah satu program nasional di bidang kesehatan.“Hal ini dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal,” ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan,  Bupati berharap komitmen semua pihak, terkhusus kepada peserta, agar dapat mengintegrasikan program dan kegiatan, serta langkah lain yang dibutuhkan, dalam menguatkan manajemen Puskesmas, yang menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan dan sarana prasarana kesehatan.

Sementara itu, dalam laporannya, Kasi Pelayanan Kesehatan Tradisonal, Andriyasari selaku panitia pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan program dinas kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Kab Tanbu. Sekaligus juga menindaklanjuti program PIS-PK terkait tentang pelayanan dibidang kesehatan. 

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) harus menjadi sebuah cara yang mampu mengintegrasikan berbagai program puskesmas, bukan sebagai bentuk pendataan yang berdiri sendiri-sendiri. Selain itu, lewat PIS-PK, puskesmas diharapkan mengetahui keterkaitan antara satu masalah dengan masalah lain, serta mencoba untuk mencari tahu solusi serta mengintervensi masalah tersebut.*(BNews)

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5