13 November 2019

Terima 500 Mahasiswa KKN, Rooswandi Berharap Bisa Terapkan Ilmu Secara Maksimal

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

FOTO : Ist 

BATULICIN, BalarindangNews.com – Sedikitnya 500 mahasiswa dari 5 Fakultas di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin bakal mengikuti kuliah kerja nyata (KKN), para mahasiswa tersebut bakal disebar ke seluruh kampung dan kelurahan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Prosesi serah terima mahasiswa KKN dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi,  dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H. Rooswandi Salem, S. Sos, MM, Rabu (02/10/2019) pagi.

Rooswandi Salem menyampaikan, mahasiswa yang akan mengikuti KKN tersebut  nantinya akan melaksanakan kegiatannya di desa - desa yang ada di Tanah Bumbu. "Mahasiswa KKN tersebut akan disebar di 71 Desa di 10 Kecamatan se-Tanah Bumbu, " kata Sekda di sela - sela penerimaan Mahasiswa. 

Melalui KKN ini mahasiswa akan dituntut untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat pedesaan. Mahasiswa juga dituntut untuk belajar memecahkan persoalan sosial keagamaan di masyarakat sesuai program studi masing-masing. Dalam KKN ini para mahasiswa dapat bersinergi dengan penduduk setempat dan menerapkan ilmu yang telah diproleh dari kampus secara maksimal untuk diaplikasikan di lokasi yang akan ditempatkan nantinya. “Semoga kehadiran mahasiswa KKN ini dapat meningkatkan pengetahuan. Keterampilan, dan ikut mencerdaskan masyarakat di Tanah Bumbu. Karena KKN merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tambah Rooswandi. 

KKN yang merupakan kegiatan akademik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Tanah Bumbu ini akan dilaksanakan selama 2 (Dua) Bulan terhitung mulai 2 Oktober sampai 2 Desember 2019. Kehadiran mahasiswa KKN juga akan menjadi mitra kerja masyarakat dalam hal peningkatan pembangunan di pedesaan. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin, Yahya Mof menyampaikan,500 mahasiswa yangengikuti KKN tersebut berasal dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin Humaniora, dan Fakultas Syariah dengan puluhan Program Studi atau jurusan.“Mereka yang ikut KKN memiliki disiplin keahlian masing-masing diantaranya matematika, bahasa inggris, PAUD, ekonomi bisnis, hukum, dakwah, dan filsafat. Semua berkolaborasi dan akan menerapkan ilmunya di pedesaan,” ucapnya. 

Yahya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang memfasilitasi terlaksananya kegiatan KKN UIN Antasari di Tanah Bumbu.*(BNews)

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5