21 July 2019

BPBD Tanbu Mulai Evakuasi Korban Banjir

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

Warga mulai dievakuasi dan berada di pengungsian  untuk meminimalisir korban jiwa.(FOTO : Ist)

SATUI, BalarindangNews.com-Akibat ketinggian air yang terus meningkat, BPBD Tanbu melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir di Kecamatan satui. “Evakuasi penduduk harus segera kami lakukan, karena debit air di permukiman penduduk mengalami peningkatan,” kata Eka Saprudin, AP, MAP, selaku Kepala BPBD Tanbu, Rabu (21/6).

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para korban banjir, telah disiagakan ratusan personil penanggulangan bencana banjir di Kecamatan Satui yang terdiri Pemerintah Kecamatan Satui, Polsek, Koramil, Kodim, BPBD, Tagana, Orari, Polairut, TNI AL, Puskesmas, Karang Taruna, Pramuka, LSM, dan PMI. Saat ini juga telah disediakan posko pengungsian dan dapur umum untuk mempermudah penanganan medis dan pendistribusian makanan bagi korban banjir.

Eka menjelaskan banjir terjadi akibat hujan deras selama dua hari berturut-turut sehingga menyebabkan sungai yang berada di Kecamatan Satui tak mampu menampung debit air. “Banjir akibat meluapnya sungai bukan pertama kali terjadi, akibat hujan turun terus menerus, sungai meluap sehingga menyebabkab banjir,” katanya

Jauh sebelumnya, pihak BPBD Tanbu juga telah melakukan penyisiran dilokasi rawan banjir, melakukan pemasangan alat pendeteksi banjir dan menghimbau warga di seputaran lokasi rawan banjir untuk selalu siap siaga terhadap bencana. Namun demikian, meski berbagai upaya penaggulangan telah dilakukan, kontur wilayah yang rendah didaerah ini menjadi langganan banjir apabila itensitas hujan terus meningkat.*(BNews)

Popular1

Popular2

Popular3

Popular4

Popular5